DIP PPID PELAKSANA


Lampiran 

Keputusan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Mentawai

  • NOMOR      :              / TAHUN 2022
  • TANGGAL  :                 JULI 2022
  • PERIHAL   :   TENTANG PENETAPAN DAFTAR INFORMASI PUBLIK ( DIP ) DISKOMINFO

 DAFTAR INFORMASI PUBLIK ( DIP ) DINAS KOMINFO KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

 A.      Informasi diumumkan secara berkala

 NO.

   JENIS INFORMASI

 RINGKASAN INFORMASI

PENANGGUNGJAWAB PEMBUATAN ATAU PENERBITAN INFORMASI

WAKTU DAN TEMPAT PEMBUATAN INFORMASI

BENTUK INFORMASI YANG TERSEDIA

 JANGKA WAKTU PENYIMPANAN

     JENIS MEDIA YANG MEMUAT INFORMASI

1

 

Informasi tentang OPD

 

 

 

 

 

 

 

1.1

Kedudukan / domisili beserta alamat lengkap

Menyajikan informasi tentang Kedudukan/ domislili beserta alamat lengkap OPD ( Badan/Dinas/Kantor )

Sekretariat/subag Umum

Tuapejat

Soft (online) dan fisik

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/19SBDHI0P99WFMENlAuX95Un7GX-S0y0B/view?usp=sharing

 

 

 

1.2

 

Tugas dan Fungsi

Menyajikan Informasi Tentang Tugas, Fungsi dan Uraian Tugas Jabatan Struktural OPD ( Badan/Dinas/Kantor )

Sekretariat/subag Umum

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

 

https://drive.google.com/file/d/1qssVA5jlHJMb-n2YsIQdSHxP4mKPZv86/view?usp=sharing

 

 

 

1.3

 

Struktur Organisasi

Menyajikan Informasi Tentang Struktur Organisasi OPD

Sekretariat/subag Umum

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

http://ppid.mentawaikab.go.id/front/dokumen/detail/400322553

 

 

 

1.4

 

SDM Yang Dimiliki

Menyajikan Informasi Tentang Jumlah SDM yang dimiliki OPD

Srkretariat/subag Umum

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1LowQSzSdHsmVpaEfdbmggiSbkWo7ZTye/edit?usp=sharing&ouid=116357407748105327609&rtpof=true&sd=true

 

 

1.5

Profil Pimpinan

Menyajikan Informasi profil pimpinan OPD

Sekretariat/subag Umum

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/1lhvVZg3lcgIf6eKv05DtOcsYpNb4IbQY/view?usp=sharing

 

 

1.6

LHKPN OPD

Menyajikan Informasi LHKPN pejabat eselon III DAN Bendahara ( Yang sudah terdaftar untuk LHKPN )

Sekretariat/subag Umum

Tuapejat

sda

Satu tahun

https://drive.google.com/file/d/1M7RMkWSvoK3C1uDZ16ir9w6umQlmYF8F/view?usp=sharing

 

 

1.7

Data Pembangunan Infrastruktur

Menyajikan tentang terkait pembangunan infrastruktur dari OPD

Sekretariat/subag Umum, Program Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

               

https://drive.google.com/file/d/1teHlLdc2oFYOjV6bhXsx3uvMzZqNLje1/view?usp=sharing

 

2

 

Informasi Kegiatan dan Kinerja OPD

 

 

 

 

 

 

2.1

Nama dan Program Kegiatan

Menyajikan Informasi nama program dan kegiatan

Program Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

http://ppid.mentawaikab.go.id/front/dokumen/detail/300322572

 

 

 

2.2

Penanggungjawab dan Pelaksanaan Program

Menyajikan Informasi Penanggungjawab dan Pelaksanan Program Kegiatan

Sekretariat/subagUmum

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/17FiK7xtwYLaSTbK1c8UjJCG9r114c-11/view?usp=sharing

 

 

 

2.3

Target capaian atau penyerapan program/ Kegiatan OPD

Berisi Informasi target capaian atau penyerapan anggaran/ kegiatan OPD

Program Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/1NU8_6vAWL3WghXcL9mSlRyubMoDWiK7E/view?usp=sharing

 

 

2.4

Sumber dan besaran anggaran

Menyajikan Informasi tentang Sumber dan besaran anggaran/ kegiatan  OPD

Progran Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

http://ppid.mentawaikab.go.id/front/dokumen/detail/300322572

 

 

2.5

Laporan Akuntabilitas Kinerja

Menyajikan Informasi tentang LAKIP OPD 

Program Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://diskominfomentawai.blogspot.com/2024/06/lakip.html

 

 

2.6

SOP Pelayanan

Menyajikan Informasi Standar Operasional Prosedur yang ada pada OPD

Sekretariat, bidang

Tuapejat

sdai

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/1LboHwUsdhAjGYVCL0mzj2ArhCwUJlBwa/view?usp=sharing

 

3

 

Informasi Keuangan OPD

 

 

 

 

 

 

 

3.1

 

DPA

Menyajikan Informasi Tentang anggaran per kegiatan yang dilaksanakan di OPD

Program Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/1VDuGNjiJb8h8k6h_AeUfQtvHze4nC3I6/view?usp=sharing

 

 

 

3.2

 

RKA

Menyajikan Informasi Tentang Rencana Kerja Anggaran yang akan dilaksanakan oleh OPD

Program Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/12TcIl_UcuBvUhLnNo0uaJxQ8MRGRK7UL/view?usp=sharing

 

 

 

3.3

Neraca

Menyajikan Informasi Tentang kondisi Neraca OPD

Program Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

http://ppid.mentawaikab.go.id/front/dokumen/detail/300322925

 

 

 

3.4

LRA Tahunan

Menyajikan Informasi Tentang Laporan Realisasi Anggaran Tahunan

Program Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

http://ppid.mentawaikab.go.id/front/dokumen/detail/300322925

 

 

3.5

CALK Tahunan

Menyajikan Informasi Tentang Catatan Atas Laporan Keuangan Tahunan

Program Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

http://ppid.mentawaikab.go.id/front/dokumen/detail/300322925

 

 

 

3.6

Daftar Asset dan Investaris

Berisi Informasi daftar asset dan investaris yang ada di OPD

Sekretariat/Subag Umum

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/1PWw0Y_E3w6kuEIb3eWxeZq-uWyKmkpQe/view?usp=sharing

 

 

 

3.7

Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK)

Berisi catatan atas Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) yang ada di OPD

Program Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubaha

 

https://drive.google.com/file/d/1_rd_QnCrdLAMlmNI0uJS655ij3Ndf6XM/view?usp=sharing

 

 

 

3.8

 

Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Berisi Tentang Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang ada di OPD

Bidang, Sekretariat (pengelola Kegiatan)

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/1YRTLuAMDC96KmRFjMWtIybCe5cEjlWTn/view?usp=sharing

 

 

3.9

Renstra

Berisi Tentang Rencana Strategis yang akan dilaksanakan di OPD

Program Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/1VYuUP7SGzy221qT3RJezCVQG4_9Vxu-m/view?usp=sharing

 

4

 

Informasi mengenai Laporan, Pengaduan, Penyalahgunaan atau Pelanggaran

 

 

 

 

 

 

4.1

Alur/ Skema/ Tata Cara Pengaduan

Berisi tentang informasi tata cara penyampaian / pengajuan pangaduan, penyalahgunaan data Informasi Publik oleh perorangan maupun organisasi masyarakat

Bidang dan Sekretariat

Tuapejat

sda

 

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/1BHy9jR59Xp1zcVOZo5KhdlWY6dJPBrrH/view?usp=sharing

 

 

4.2

Form/ lembar isian pengaduan

Berisi contoh form / lembar isian untuk pengaduan

Bidang dan Sekretariat

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/1IOR6laSc__3jvVQcwD4itnzTva1W7fLs/view?usp=sharing

 

 

4.3

SOP PPID

Standar Operasional Prosedur PPID, yaitu :

 

 

 

 

 

 

 

 

1. SOP Uji Konsekuensi Informasi Publik

 

 

TIM PPID

 

 

Tuapejat

 

 

sda

 

 

Sampai ada perubahan

 

https://drive.google.com/file/d/1RZ0thLlaTzPTW9DFo3IKd720g3WhfUzg/view?usp=sharing

 

2. SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik

3. SOP Penyusunan Daftar Informasi Publik dan Dokumentasi Publik

4. SOP Penanganan Keberatan Informasi Publik

5. SOP Fasilitasi Sengketa Informasi Publik

6. SOP Pengelolaan Data

7. SOP Pendokumentasian Data dan Informasi

8. SOP Pengumpulan Data

9. SOP Tenaga Teknis PPID Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi

10. SOP Layanan Informasi Publik

11. SOP Penyajian Informasi Publik

5

 

Peraturan - peraturan

 

 

 

 

 

 

5.1

Peraturan-peraturan

Berisi dasar/ Landasan / Peraturan hukum

Sekretariat dan Bidang

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/1hK9pYcYUFsiye2B3LS9phUWbqFTj0tUc/view?usp=sharing

 

6

 

Informasi Pengadaan Barang dan Jasa

 

 

 

 

 

 

 

6.1

Pengadaan Barang dan Jasa

Berisi Informasi Kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)

Tuapejat

 

sda

 

Sampai ada perubahan

https://drive.google.com/file/d/1qAmIBeWgeIQHn7kyBGrpVE7_wvNDtfzc/view?usp=sharing

 

 

B       Informasi yang Serta Merta

NO

JENIS INFORMASI

RINGKASAN INFORMASI

PENANGGUNGJAWAB PEMBUAT ATAU PENERBITAN INFORMASI

WAKTU DAN TEMPAT PEMBUATAN INFORMASI

BENTUL INFORMASI YANG TERSEDIA

JANGKA WAKTU PENYIMPANAN

JENIS MEDIA YANG MEMUAT 

INFORMASI

1

 

Info Grafis OPD …………………..

 

 

 

 

 

 

 

1.1

Informasi maintenance LPPL Radio Sasaraina

Menyajikan informasi tentang gangguan/pemepiharaan pada LPPL Radio Sasaraina

Bidang Komunikasi

 

Tuapejat

 

sda

Sampai ada perubahan

https://diskominfo.mentawaikab.go.id/p/infografis.html-


 

 

1.2

 

Informasi maintenance Layanan Free Internet

 Menyajikan Informasi tentang gangguan/pemeliharaan padalayanan Free internet dari Dinas Komunikasi dan Informatika

Bidang Informatika

Tuapejat

 

sda

Sampai ada perubahan

https://diskominfo.mentawaikab.go.id/p/infografis.html-


 

 

1.3

 

 

Informasi gangguan website pemda

Menyajikan informasi tentang adanya gangguan/pemeliharaan website Pemda Kep. Mentawai

Bidang Inforrmatika

Tuapejat

 

      sda

Sampai ada Perubahan

https://diskominfo.mentawaikab.go.id/p/infografis.html-


 

 

1.4

Informasi gangguan aplikasi subdomian .Mentawaikab.go.id

Menyajikan informasi tentang adanya gangguan/pemeliharaan aplikasi/subdomian Mentawaikab.go.id

Bidang Informatika

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

https://diskominfo.mentawaikab.go.id/p/infografis.html-

C.    Informasi yang tersedia Setiap Saat

 

 

 

1

Daftar Informasi Publik (DIP)

Menyajikan Daftar Informasi dari tiga Kategori informasi dan Standar Pelayanan pada PPID Pelaksanan Dinas Komunikasi dan Informatika

TIM PPID

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

-

 

 

2

Regulasi Daerah yang di inisiasi Dinas Komunikasi dan Informatika

Menyajikan Peraturan Kepala Daerah yang berkaitan tentang Dinas Komunikasi dan Informatika

Sekretariat dan Bidang

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

-

 

 

2

 

3

Informasi tentang Organisasi Personil

Menyajikan Informasi tentang Administrasi Kepegawaian, Struktur Organisasi, Daftar Urut Kepangkatan (DUK) Dinas Komunikasi dan Informatika

Sekretariat/Subag Umum

Tuapejat

sda

 

Sampai ada perubahan

-

 

 

4

Agenda Kerja

Menyajikan Informasi Daftar Kegiatan/Kinerja PPID Pelaksana Dinas Kominfo

TIM PPID

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

-

 

 

5

Renstra dan Renja

Menyajikan Rencana Strategis Dan Rencana Kerja Tahunan Dinas Kominfo

Program Keuangan

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

http://ppid.mentawaikab.go.id/front/dokumen/detail/300323181

 

 

 

6

Sarpras dan SDM

Menyajikan Informasi mengenai Kegiatan Pelayanan Informasi Publik yang dilaksanakan, Saranan dan Prasarana layanan informasi publik yang dimiliki berserta kondisinya, Sumber Daya Manusia yang menangani layanan Informasi publik beserta kualifikasinya, anggaran layanan informasi publik serta laporan penggunaannya

Sekretariat dan Bidang

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

http://ppid.mentawaikab.go.id/front/dokumen/detail/300323177

 

 

 

7

Pengaduan Masyarakat

Menyajikan Infomasi tentang jumlah, jenis, dan gambaran umum pelanggaran yang dilaporkan oleh masyarakat serta laporan penindakannya

Sekretariat dan Bidang

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

 

 

 8

Perjanjian Kerjasama / MOU

Menyajikan Informasi tentang Perjanjian kerjasama / MOU antara Dinas Kominfo dengan Pihak Ketiga

Sekretariat dan Bidang

Tuapejat

sda

Sampai ada perubahan

http://ppid.mentawaikab.go.id/front/dokumen/detail/300323182

 

 

Catatan/keterangan :

  1. FORM I : DAFTAR INFORMASI PUBLIK YANG DIKUASAI BADAN PUBLIK diatas merupakan ikhtisar/rangkuman dari daftar informasi publik OPD/PPID Pelaksana yang dibuat pada dokumen tersendiri dengan mempedomani ketentuan pada form 1 daftar informasi publik yang dikuasai badan publik seperti contoh diat
  2. Pembuatan pelaporan DIP dalam bentuk hard (fisik) dapat dikirim kepada Dinas Kominfo Mentawai untuk didokumentasikan, sedangkan dokumen dalam bentuk soft dapat dikirim melalui email PPID utama, atau bagi opd yang telah memiliki website PPID pelaksana/website opd, maka dokumen dapat langsung diuploud pada website tersebut
  3. Apabila terdapat kekurang pahaman dalam pembuatan, pengisian dan pelaporan terkait DIP, maka dapat dikonsultasikan kepada Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Mentawai selaku PPID Utama. 

 

                                                                                                                         Kepala Dinas